Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Amalan Pembuka Pintu Rezeki Menurut Islam

 Memiliki tujuan kehidupan yang baik di akhirat bukan berarti aktivitas sehari-hari hanya diisi dengan ibadah rohani saja. Ikhtiar mencari rezeki tetap wajib dilakukan selama berada di alam dunia. Sebagai penyeimbangnya, Islam mengisyaratkan amalan pembuka pintu rezeki yang bisa dilakukan agar ikhtiar yang dilakukan mendatangkan rezeki yang halal dan baik.

7 Amalan Pembuka Pintu Rezeki Menurut Islam

Konsep Rezeki yang Baik dalam Islam

Di dalam Islam, kebaikan dari rezeki yang didapat sudah bisa terlihat dalam kehidupan sehari-hari para pencarinya. Manakala rezeki tersebut mendatangkan rasa cukup meskipun berjumlah sedikit, maka hal itu dikatakan sebuah berkah dari rezeki yang diraih. Rezeki yang berkah pun tidak hanya terbatas pada materi semata. Nikmat sehat dan waktu luang pun tergolong rezeki yang wajib disyukuri.

Contoh lain adalah, manakala dengan hasil pekerjaan itu, didapati keluarga yang senantiasa bahagia. Istri dan anak-anak yang sehat, makanan yang cukup, keceriaan di tengah keluarga, dan kesehatan yang sempurna. Itu semua adalah rezeki yang seringkali terabaikan dan lupa untuk disyukuri.

Amalan Pembuka Pintu Rezeki dalam Islam

Islam tidak sekadar menasihat kan untuk senantiasa berikhtiar di jalan kebaikan, namun juga memberikan petunjuk amalan untuk mencari rezeki yang baik. Di antara sekian banyak amalan pembuka pintu rezeki, ada 7 amalan yang masyhur dan dianjurkan untuk dilakukan yaitu:

1. Qiyamul Lail

Amalan salat sunah di waktu malam, khususnya di sepertiga malam terakhir, diyakini sebagai kebiasaan orang-orang Saleh semasa di dunia. Al-Qur’an mengisyaratkan bahwa Allah Ta'ala beserta para malaikat turun di waktu tersebut, menyapa dan mengabulkan siapapun yang bangun dan bermunajat kepada-Nya.

2. Berbakti Kepada Orang Tua

Semasa hidupnya, kedua orang tua adalah pintu berkah yang terbuka. Termasuk di dalamnya, jika seseorang mendambakan terbukanya kemudahan-kemudahan dalam bekerja dan mencari rezeki, maka mengkhidmati orang tua adalah salah satu jalan termudah untuk membawa kelapangan rezeki. Doa orang tua, utamanya ibu, adalah doa tanpa hijab yang menembus langit dan turun dalam bentuk pengabulan dari Allah Ta'ala.

3. Salat Duha

Dua rakaat di waktu duha adalah amalan pembuka pintu rezeki yang sangat sering didengar. Namun demikian, melaksanakannya secara rutin ternyata menjadi suatu hal yang berat jika tidak dilandasi dengan iman yang kuat. Salat duha juga disyaratkan sebagai bentuk sedekah bagi seluruh persendian di tubuh, karena semua yang ada di dalam raga memiliki hak untuk bersedekah.

4. Sedekah Subuh

Sedekah adalah salah satu amalan yang penuh berkah, sedekah bisa dilakukan kapan pun, tanpa harus dengan sejumlah materi yang besar. Namun, ada waktu yang lebih mustajab untuk bersedekah, yaitu di kala subuh. Mengapa demikian? Karena ketika subuh, ada malaikat yang secara khusus berdoa bagi yang bersedekah, dan juga mendoakan yang kikir bersedekah.

5. Menjalin Silaturahmi

Sebuah nasihat lama ‘silaturahmi memperpanjang rezeki’, ternyata bukanlah sekadar nasihat tanpa bukti yang nyata. Sederhananya, seseorang yang menjalin silaturahmi, paling tidak akan saling bertukar doa satu sama lain. Selain itu, jabat tangan seseorang yang bersilaturahmi adalah wasilah penggugur dosa di antara keduanya.

6. Mendoakan Orang Lain

Terkadang fokus berdoa untuk diri sendiri, membuat lupa mendoakan orang lain. Padahal, di tengah doa-doa yang dipanjatkan untuk orang lain, ada malaikat yang mengamini doa yang sama bagi yang mengucapkan doa tersebut. Oleh karenanya, mendoakan orang lain merupakan amalan kebaikan yang memberikan dua manfaat sekaligus, yaitu memberikan kebaikan bagi orang lain, dan di saat yang sama pun mendapatkan kebaikan yang serupa bagi si pengucap doa.

7. Memaafkan Orang yang Pernah Menyakiti

Amalan ini terkadang sangat berat untuk dilakukan. Namun bukan tidak mungkin, pintu rezeki tertutup karena masih tersimpan dendam atau amarah di antara manusia. Ketika kita ikhlas memaafkan orang yang pernah menyakiti, Insya Allah kelapangan dan kemudahan pun akan datang susul-menyusul.

Demikian indahnya Islam yang tidak meninggal kan satu perkara pun tanpa pedoman dari baginda nabi Muhammad saw. Dengan merutinkan amalan pembuka pintu rezeki di atas, Insya Allah segala yang diupayakan akan senantiasa berada dalam perlindungan-Nya, dan diberikan keberkahan rezeki yang halal dan baik.

Posting Komentar untuk "7 Amalan Pembuka Pintu Rezeki Menurut Islam"