Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Keutamaan Wanita Dalam Islam yang Jarang Diketahui

 Manusia merupakan makhluk ciptaan Allah yang paling sempurna. Hal ini dapat dibuktikan dengan diberinya akal dan pikiran. Perlu diketahui dalam islam, wanita lebih diistimewakan dan memiliki kedudukan yang sangat agung dibandingkan kaum laki-laki. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya ayat Al-Qur’an maupun hadist yang menjelaskan keistimewaan wanita. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah keutamaan wanita dalam islam:

6 Keutamaan Wanita Dalam Islam Yang Jarang Diketahui

Enam (6) Keutamaan Wanita Dalam Islam

1. Diberi Waktu Istirahat Dalam Beribadah

Umumnya, setiap wanita diberi waktu istirahat untuk tidak beribadah kepada Allah ketika wanita mengalami haid atau menstruasi. Tamu bulanan ini sebagai bukti bahwa wanita lebih diistimewakan dalam agama islam. Ketika dalam waktu istirahat ini, wanita dilarang melakukan sholat 5 waktu, puasa, memegang Al-Quran dan ibadah yang lainnya.

Keistimewaan lain dari menstruasi ini adalah tubuh wanita menjadi lebih sehat karena ada darah kotor yang keluar. Hal ini juga yang menyebabkan wanita boleh menggunakan emas karena zat kimia yang masuk ke dalam kulit ketika memakai emas akan luruh bersamaan dengan darah kotor ketika menstruasi.

2. Lebih Dihormati Daripada Laki-Laki

Menghormati wanita merupakan hal yang wajib terutama orang tersebut adalah seorang ibu. Bahkan pernyataan tersebut sesuai dengan hadist Rasulullah SAW yang berasal dari pertanyaan seorang sahabat mengenai siapakah yang harus dihormati di dunia ini. Rasulullah menjawab ibu sebanyak tiga kali barulah bapak.

Perjuangan seorang ibu memang sangat luar biasa. Mulai dari mengandung selama 9 bulan, melahirkan dengan bertaruh nyawa, sampai merawat anak hingga besar. Semuanya dilakukan seorang ibu tanpa mengharapkan balas budi apapun. Wajar, jika ibu merupakan orang yang harus dihormati terlebih dahulu di dunia ini.

3. Wanita Melahirkan Setara Dengan Jihad

Mengandung dan melahirkan merupakan hal yang sudah lumrah bagi kaum wanita. Namun, perlu diingat bahwa mengandung dan melahirkan bukanlah perkara yang mudah. Bahkan, islam mensejajarkannya dengan jihad (berjuang di jalan Allah). Tak salah jika keutamaan wanita dalam islam ini diakui oleh banyak orang.

Di dalam Hadits Riwayat Abu Daud dijelaskan bahwa ada 7 golongan yang dikategorikan ke dalam mati syahid, salah satunya adalah wanita yang mati karena melahirkan. Tidak dapat dipungkiri bahwa ketika melahirkan yang ditaruhkan adalah nyawa sehingga pantas jika wanita dijanjikan surga.

4. Tercipta Dari Tulang Rusuk Laki-Laki

Ada istilah yang mengatakan bahwa wanita tercipta dari tulang rusuk laki-laki. Filosofi dari pernyataan tersebut adalah tulang rusuk berguna untuk melindungi organ tubuh yang sangat vital yaitu jantung, paru-paru, hati, dan lain-lain. Jadi, dapat ditarik kesimpulan bahwa keberadaan wanita sangatlah berharga dan dapat berperan sebagai pelindung.

5. Wanita Merupakan Anugerah

Wanita bukanlah sebuah musibah melainkan anugerah. Bersama wanita, laki-laki akan merasakan ketenangan baik lahir maupun batin. Tak hanya itu saja, wanita pun dapat memberikan kasing sayang, cinta, dan juga motivasi.

6. Makhluk Perasa

Laki-laki diciptakan memiliki 9 akal sehat dan 1 perasaan, sedangkan wanita memiliki 9 perasaan dan 1 akal sehat. Itu sebabnya wanita sebagai makhluk Allah yang sangat perasa terhadap lingkungan sekitar. Wanita mudah terbawa perasaan, mudah merasakan empati, dan hatinya lebih tergerak jika terjadi musibah yang menimpa orang tersayangnya.

Kasih sayang seorang wanita tiada batasnya. Hal tersebut dapat dilihat dari sosok seorang ibu yang akan tetap menyayangi anaknya meskipun tidak dianggap sekalipun. Pantas jika disebut bahwa surga berada di bawah telapak kaki ibu.

Tentu saja masih banyak lagi Keutamaan wanita dalam islam. Namun dari keenam poin tersebut semoga dapat menyadarkan kaum wanita untuk senantiasa bersyukur kepada Allah SWT dan menyadarkan kaum laki-laki untuk senantiasa menghormati kaum wanita.

Posting Komentar untuk "6 Keutamaan Wanita Dalam Islam yang Jarang Diketahui"