Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Contoh Amalan Ringan Berpahala Besar

 Ada banyak cara untuk mendapatkan pahala. Tidak harus dengan ibadah yang terlihat mata orang banyak, karena jalan menuju kebaikan sangatlah beragam. Dari sekian banyak cara tersebut, ada juga amalan ringan berpahala besar yang bisa dilakukan semua oleh orang. Lantaran mudah, tidak memberatkan dan bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

5 Contoh Amalan Ringan Berpahala BesarGambar oleh Afik Eleck dari Pixabay 

 Perlu diketahui disebut amalan ringan, sebab dalam menjalankannya tidaklah membutuhkan banyak usaha. Baik usaha berupa tenaga, uang, dan hal-hal lain yang lumrah dikerjakan orang. Lantaran dalam pelaksanaannya, hanya dibutuhkan niat dan konsistensi untuk menjalankannya. Sehingga, secara keseluruhan dapat dikategorikan sebagai bentuk amalan atau ibadah yang ringan.

Hasil rangkuman dari berbagai sumber dan divalidasi dengan beberapa hadist, maka ini lima contoh amalan ringan tersebut. Perlu diketahui, amalan-amalan ini disebut memiliki pahala yang besar. Jadi, mari simak selengkapnya:

1. Tersenyum

Siapa yang tidak bisa tersenyum? Meski wajah tidak sempurna secara fisik, sebuah senyuman bisa diberikan kepada orang lain. Sebab, amalan ringan berpahala besar ini tetap bisa diperlihatkan dalam kondisi muka tidak nampak sepenuhnya.

Melalui pancaran mata, aura wajah dan juga gerak tubuh, senyuman dapat memberikan vibrasi baik pada sekitar. Jadi, tidak heran jika amalan ini bisa dilakukan oleh semua orang secara mudah. Hanya butuh hati yang ikhlas, tulus dan emosi yang positif untuk melakukannya.

2. Berdzikir

Melakukan dzikir tidak terbatas hanya setelah salat atau ketika iktikaf di dalam masjid. Sebab mengingat dan bersyukur pada-Nya haruslah dilakukan setiap detik kehidupan. Membiasakan diri menyebut “Allah, Allah, Allah,” dalam setiap helaan napas. Saat memasukkan udara, mengeluarkan, berdiam diri, melakukan aktifitas dan lainnya.

Sebuah hadits menyebutkan, bahwa melupakan dzikir dalam satu embusan napas, sama dengan melenakan diri dalam tikaman pedang. Jadi, sudah terbayangkan, betapa utamanya amalan ringan ini? Sebab hakikat hidup adalah untuk ibadah, jadi maksimalkan dengan selalu ingat pada-Nya meski dari dzikir sederhana.

3. Perhatian dan Menjawab Suara Adzan

Hidup di negara dengan penduduk yang mayoritas muslim, membuat banyak orang lupa bahwa memperhatikan serta mendengarkan adzan adalah sunnah. Aktifitas yang padat, suara yang bising dan berada dalam mood yang kacau, kadang membuat orang abai dengan panggilan salat tersebut. Padahal, diam dan meresapi suara serta makna adzan merupakan salah satu bentuk amalan yang berpahala.

Pada negara dengan penduduk muslim yang minoritas, di medan perang atau daerah terpencil, adzan adalah suara yang menyejukkan dan penuh kedamaian. Alam bawah sadar merespon panggilan salat tersebut sebagai suara yang penuh rahmat dan mampu mendatangkan energi positif. Sehingga, tidaklah salah jika hal remeh satu ini disebut sebagai salah satu perbuatan yang ringan namun berpahala besar.

4. Memelihara Wudhu

Senantiasa menjaga wudhu tidaklah sulit. Saat batal karena salah satu penyebabnya, segera perbaharui wudhu. Mengingat sumber air tidaklah sulit didapat, maka amalan ini sebenarnya ringan jika dibiasakan. Meski di daerah yang sulit air atau tidak memungkinkan untuk berwudhu menggunakan air, bisa melakukan tayamum. Karena dengan senantiasa suci, maka jiwa dan raga terpelihara kesehatannya.

5. Berprasangka Baik

Tidak sulit untuk selalu berprasangka baik pada setiap orang, waktu, kondisi dan kejadian. Karena di dunia ini tidak ada yang terjadi secara kebetulan. Selalu ada sebab dan alasan kenapa terjadi. Hanya saja, sebagai manusia biasa, terkadang lupa dan hanya judging dari persepsi milik pribadi. Padahal dalam berbagai hadist disebutkan bahwa husnudhon atau berprasangka baik sangat dianjurkan.

Demikianlah lima contoh amalan ringan berpahala besar yang bisa dilakukan oleh setiap orang. Mudah, tidak memberatkan, sarat akan pahala dan kebaikan. Jadi, masih ragu jika Islam adalah agama yang serba sulit? Padahal banyak cara mudah yang bisa dilakukan untuk mendapat ridho-Nya.

Posting Komentar untuk "5 Contoh Amalan Ringan Berpahala Besar"