Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keistimewaan dan Manfaat Shadaqah Bagi Manusia

 Bershadaqah adalah tindakan mulia yang diajarkan oleh semua agama. Khususnya di agama Islam shadaqah sangat dianjurkan, bahkan Allah SWT akan melipat gandakan rizki orang- orang yang bershadaqah. Shadaqah memiliki banyak manfaat bagi umat manusia, karena bershadaqah dapat membangun solidaritas sesama dan juga meningkatkan tenggang rasa  sesama umat beragama. Berikut manfaat shadaqah bagi sesama umat maupun bagi orang yang bershadaqah.

Keistimewaan dan Manfaat Shadaqah Bagi Manusia

1. Shadaqah Dapat Menyucikan Diri

Sebagai manusia,  tidak luput dengan dosa baik yang dilakukan secara sengaja maupun tidak sengaja. Dengan bershadaqah manusia dapat mensucikan diri dari dosa-dosa yang dimiliki. Dalam hadis yang di riwayat oleh Tirmidzi dalam kitab  sahih yang dishahihkan oleh Al Albani menjelaskan bahwa shadaqah bisa menghapus dosa seperti halnya air yang memadamkan api.

2. Shadaqah Tidak Mengurangi Harta

Banyak orang takut ketika harta mereka berkurang, bahkan sebagian orang berlomba-lomba mengumpulkan harta dan menyimpan sehingga tidak berkurang sedikitpun. Namun, pada faktanya shadaqah tidak mengurangi harta sedikit pun bahkan shadaqah dapat memberikan berkah dan Allah akan menggantikannya dengan lebih banyak lagi. 

Dalam sebuah hadis yang diriwayakan oleh Muslim dalam kitabnya no. 288 Nabi Muhammad menjelaskan bahwa " harta tidak akan pernah berkurang dengan shadaqah". Hal ini mempertegas bahwa shadaqah tidak akan mengurangi harta orang- orang yang bershadaqah. Bahkan, shadaqah dapat memberikan berkah kepada orang yang bershadaqah.

3. Shadaqah Dapat Melipat Gandakan Pahala

Manfaat shadaqah selain dapat mensucikan diri dan tidak mengurangi harta bagi orang-orang yang bershadaqah. Allah juga berjanji dalam surah Al Hadid ayat 18 yang menjelaskan  bahwa Allah akan melipat gandakan pahala ( ganjaran) bagi mereka yang bershadaqah dengan pahala yang banyak.

Sebagai manusia tentu mendambakan masuk syurga. Dengan gemar bersedekah bagi umat muslim akan mendapatkan salah satu pintu syurga yang dijanjikan oleh Allah SWT.

4. Syurga Bagi Orang-Orang Yang Bershadaqah

Keistimewaan orang yang bershadaqah yang diberikan oleh Allah adalah pintu khusus yang diberikan hanya kepada orang-orang yang bershadaqah.  Hadis riwayat Bukhori dan Muslim menjelaskan bahwa orang-orang yang menyumbangkan harta mereka di jalan Allah, maka Allah akan memanggil orang-orang yang bershadaqah itu dari salah satu pintu dari golongan yang suka bershadaqah.

5. Shadaqah Dapat Membebaskan dari Siksa Kubur.

Sebagai manusia yang beriman, pasti takut dan tidak bisa membayangkan betapa pedihnya siksaan kubur. Namun manusia terbebas dari siksaan kubur dengan banyak cara salah satunya dengan gemar bershadaqah dan akan mendapatkan keistimewaan dan manfaat shadaqah.

Dalam hadis riwayat Thabrani yang dishahihkan oleh Al Albani dalam kitab Sahih At Taghib menjelaskan bahwa dengan shadaqah dapat membebaskan orang-orang yang gemar bershadaqah dari siksaan kubur.

6. Shadaqah Melapangkan Dada

Dengan bershadaqah banyak orang merasakan kelapangan dada. Hal itu dirasakan karena orang-orang yang gemar bersedekah tidak selalu memikirkan harta yang mereka miliki. Orang-orang bersadaqah pasti merasakan kesenangan dan kelapangan dada ketika bershadaqah.

7. Shadaqah Dapat Menghindarkan Dari Bala ( Musibah)

Bala atau musibah pasti akan terjadi di kehidupan manusia dan manusia tidak dapat menghindari bala atau musibah itu. Namun, shadaqah dapat menjadi tolak bala dan menahan musibah bagi orang-orang yang bershadaqah. Sebagai manusia yang memiliki keterbatasan. Manusia dapat menghindari bala yang tidak pernah tau kapan akan terjadi hanya dengan shadaqah.

Allah menyukai orang-orang yang bershadaqah dan manfaat shadaqah sangatlah banyak. Mari perbanyak shodaqoh agar mendapatkan manfaat shadaqah. 

Posting Komentar untuk "Keistimewaan dan Manfaat Shadaqah Bagi Manusia"