Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghafal Al Quran dalam 1 Tahun yang Terbukti Berhasil

 Menghafal Al Quran memiliki banyak sekali keutamaan, salah satunya adalah diberikan derajat yang tinggi di dalam surga. Namun, menghafal Al Quran bukanlah perkara yang mudah. Meskipun begitu, tidak ada yang tidak mungkin selagi masih mau berusaha. Berikut adalah cara menghafal Al Quran dalam 1 tahun yang harus disimak:

Cara Menghafal Al Quran dalam 1 Tahun yang Terbukti Berhasil

1. Menata Niat

Setiap amal yang dilakukan dilihat dari niatnya, niat yang baik akan menuntut ke jalan yang benar. Sedangkan niat yang buruk akan menjerumus kan ke dalam api neraka. Sebelum memulai menghafal Al Quran, alangkah lebih baik jika meluruskan niat terlebih dahulu. Niatkanlah untuk menjaga kalam Allah dan mengharap ridho-Nya.

Dengan niat yang lurus, maka Allah tidak akan mempersulit hamba-Nya untuk menghafal kan Al Quran. Ketika merasa sulit di tengah perjalanan, ingatlah niat menghafal Al Quran ketika di awal. Hal tersebut dapat membantu menghafal Al Quran untuk kembali fokus pada tujuannya.

2. Meminta Restu Orang Tua

Restu orang tua termasuk juga restu Allah SWT, segala sesuatu yang ditentang oleh orang tua, maka tidak akan ada artinya. Seorang anak tidak akan sukses jika orang tuanya tidak meridhoi. Jadi, sebelum memulai menghafal Al Quran, wajib hukumnya untuk meminta restu terlebih dahulu dengan orang tua.

Jika orang tua sudah merestui, maka orang tua akan mendoakan yang terbaik untuk anaknya sehingga akan dipermudah segala sesuatunya. Terlebih jika niat sang anak untuk menghafal Al Quran, pastilah orang tua akan merasa bangga karena nanti di akhirat akan diberi mahkota.

3. Mulai Menghafal dengan Membaca 20 Kali/Ayat

Cara menghafal Al Quran dalam 1 tahun selanjutnya adalah membaca setiap ayat sebanyak 20 kali dan dilakukan secara bertahap. Misalkan sekali menghafal 20 ayat terlebih dahulu yang setiap ayatnya diulang 20 kali. Kemudian jika sudah selesai, mulailah untuk menggabungkan ayat 1 sampai ayat 20.

4. Menambah Hafalan

Jika ingin menambah hafalan, jangan sampai meninggalkan hafalan yang sudah pernah dihafal. Hal tersebut agar tidak mudah lupa dengan hafalan yang telah lalu. Ini penting karena biasanya jika menambah hafalan, maka hafalan yang lalu akan mudah terlupakan sehingga harus diulang kembali.

5. Istirahat Setelah Dapat 10 Juz

Jika hafalan sudah mencapai 10 juz, maka jangan menambah hafalan terlebih dahulu. Hal yang harus dilakukan adalah dengan memperkuat hafalan yang sudah pernah dihafal. Waktu berhenti boleh selama 1 bulan penuh dengan mengulang hafalan per harinya sebanyak 8 lembar.

Waktu berhenti ini dipergunakan sebaik mungkin untuk memperkuat hafalan agar ketika menambah juz tidak mudah lupa dengan juz yang telah lalu. Cara ini terbukti ampuh untuk menjaga hafalan sehingga tidak boleh ditinggalkan begitu saja.

6. Mengulang Al Quran Setelah Selesai 30 Juz

Untuk mempertahankan hafalan Al Quran 30 juz, maka harus dilakukan murojaah sebanyak 2 juz dalam satu hari. Dengan begitu, penghafal Al Quran akan khatam dalam 2 minggu sekali. Jika cara ini dipraktekkan dengan benar, maka selama 1 tahun hafalannya sudah kokoh.

7. Jadikan Al Quran Sebagai Amalan Harian

Jika sudah berhasil mengkhatamkan Al Quran, bukan berarti berhenti sampai disitu saja karena sejatinya kontrak dengan Al Quran adalah seumur hidup. Tetaplah membaca Al Quran setiap harinya dan buatlah target untuk mengkhatamkan Al Quran setiap seminggu sekali atau dua minggu sekali.

Cara menghapal Al Quran dalam 1 tahun tersebut dapat segera dipraktekkan di rumah. Kuncinya agar berhasil adalah fokus dan tidak terlalu banyak mengurusi urusan dunia. Mulailah tinggalkan aktifitas yang tidak penting dan merugikan agar diberi kemudahan dalam menghafal Al Quran.

Posting Komentar untuk "Cara Menghafal Al Quran dalam 1 Tahun yang Terbukti Berhasil"