Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Manfaat Dzikir dan Doa bagi Kehidupan Manusia

Manfaat Dzikir dan Do'a_Sebagai makhluk ciptaan Allah, berdzikir dan berdoa adalah dua hal yang seharusnya dilakukan sebagai rutinitas. Ini adalah cara berkomunikasi sekaligus wujud rasa cinta kepada Allah. Berdzikir serta berdoa bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja selagi manusia sanggup melakukannya. 

7 Manfaat Dzikir dan Doa bagi Kehidupan Manusia

Berikut adalah 7 manfaat dzikir dan doa bagi kehidupan manusia sebagai umat Islam:

1. Memperlancar Rezeki

Allah telah memberikan rezeki kepada umatnya secara adil. Tugas manusia adalah berusaha untuk mendapatkan rezeki tersebut dengan cara-cara yang baik. Salah satunya adalah lewat berdzikir dan berdoa. Selain berusaha dengan bekerja, rezeki dari Allah bisa datang kepada manusia lewat alunan dzikir serta doa yang tidak pernah berhenti setiap hari.

2. Mendekatkan Diri pada Allah

Dekat dengan Allah tentu menjadi tujuan semua umat. Salah satu manfaat yang bisa didapatkan lewat rajin dzikir dan doa adalah menjadi dekat dengan Allah sebagai pencipta. Hati menjadi tentram karena terasa begitu dekat dengan Allah. Seolah perlindungan Allah begitu dekat dengan hati manusia. Saat seseorang mulai jauh hatinya dari Allah, sangat disarankan untuk rajin melantunkan dzikir dan doa sepanjang hari tanpa lelah.

3. Mengendalikan Emosi

Sebagai manusia biasa tak jarang emosi datang meluap-luap. Kemarahan seringkali hinggap dan membuat hati menjadi gusar. Emosi yang buruk ini bisa membuat hubungan sesama manusia jadi rusak. Salah satu cara mengendalikan emosi adalah dengan berdzikir dan berdoa. Dzikir dan doa akan membantu manusia lebih mudah mengendalikan emosi sekaligus amarah yang muncul di dalam hatinya.

4. Memberi Rasa Tenang

Semua manusia pasti ingin hidup dengan rasa tenang. Sayangnya, seringkali muncul rasa gelisah yang berlebihan. Perasaan ini tentu saja akan sangat mengganggu dan seringkali membuat hati menjadi sedih. Ketenangan di dalam hidup bisa didapatkan dengan rajin berdzikir dan berdoa. Orang yang rutin melantunkan dzikir dan doa di dalam hatinya akan lebih mudah mendapatkan ketenangan. Hati yang tenang akan memberikan kebahagiaan dan menjauhkan diri dari segala amarah.

5. Mengusir Setan

Godaan setan bisa datang kapan saja. Setan sebenarnya selalu ada di dekat manusia. Setan bekerja mengganggu manusia, membuat hidup tidak tenang, dan menggoda manusia untuk melakukan dosa. Salah satu manfaat dzikir dan doa adalah mengusir setan-setan di sekitar manusia. Orang yang rajin berdzikir dan berdoa pasti akan terlindungi dari godaan setan. Setan akan menjauh dan hidup jadi terasa lebih tenang.

6. Ampunan Dosa

Manusia tidak pernah luput dari dosa. Setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan dan memiliki tanggungan dosa. Tugas manusia adalah memohon ampunan kepada Allah dan hanya Allah yang mampu memaafkan semua dosa manusia. Rajin dzikir dan berdoa juga akan membantu manusia mendapatkan ampunan dari Allah. Lakukan dzikir dan berdoa lah setiap hari demi mendapatkan pengampunan dari semua dosa-dosa yang mungkin jumlahnya tak terhitung lagi.

7. Mengusir Ketakutan

Takut adalah perasaan yang sangat wajar dialami oleh manusia. Rasa takut bisa muncul dengan penyebab yang sangat beragam. Dzikir dan doa bisa menjadi senjata ampuh untuk mengusir rasa takut tersebut. Manfaat lantunan dzikir dan doa adalah mengusir semua ketakutan dan membuat hati menjadi lebih tenang. Saat rasa takut datang tak perlu menangis dan gundah, cukup lantunkan dzikir dan doa di dalam hati saja.

Itulah tadi 7 manfaat dzikir dan doa yang bisa dirasakan oleh manusia. Ingatlah untuk selalu melantunkan dzikir dan doa setiap hari agar hati menjadi tenang. Jika hati tenang dan lebih dekat dengan Allah maka diri manusia akan cenderung melakukan kebaikan serta menjauhi perbuatan dosa.

Posting Komentar untuk "7 Manfaat Dzikir dan Doa bagi Kehidupan Manusia"