Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Amalan Nabi Muhammad Sebelum Tidur

 Amalan nabi sebelum tidur yang sangat baik untuk diikuti ini masih banyak orang tidak tahu. Selain untuk menjalankan sunnah Rasulullah, sebagai manusia tentunya tidur menjadi salah satu aktivitas penting selain makan. Tidur sendiri  ini merupakan hal yang tidak bisa diabaikan.

5 Amalan Nabi Muhammad Sebelum Tidur

Semua itu karena selama seseorang tidur, sistem organ manusia bekerja pada saat yang maksimal. Sehingga kesehatan tetap terjaga, dan memberikan efek positif untuk menjalani kehidupan sehari-hari. Berikut beberapa amalan sebelum tidur :

1. Menjaga Diri Tetap Dalam Keadaan Suci

Menjaga diri dalam keadaan suci ini dimaksudkan untuk selalu menjaga dan memperhatikan keadaan suci setelah menyelesaikan wudhu/bersuci. Keadaan suci ini harus dijaga hingga seseorang dapat tidur dengan nyenyak. Hal ini merupakan anjuran dari Rasulullah yang menyerukan bahwa saat seseorang hendak tidur, maka alangkah baiknya melakukan wudhu terlebih dahulu. Wudhu yang dilakukan pun sama seperti wudhu saat hendak solat.

2. Melakukan Sholat Witir

Ibadah sunah ini merupakan anjuran yang sangat baik dari Rasulullah. Dengan amalan ini mampu membuat diri menjadi lebih tenang dan tentunya mendapat pahala dari Allah SWT. Amalan ini juga hendaknya di laksanakan saat seseorang berniat untuk melaksana kan solat sunnah tahajud di malam hari. Solat witir sebelum tidur ini merupakan anjuran saat khawatir orang tersebut tidak terbangun di malam hari untuk tahajud.

Sebagai landasan anjuran ini dapat melihatnya dalam hadis riwayat Bukhari menyatakan bahwa Rasulullah memberikan beberapa wasiat pada sahabat Rasul. Wasiat tersebut adalah berpuasa tiga hari di setiap bulan, solat Dhuha dua rakaat, dan yang terakhir mengerjakan witir sebelum tidur.

3. Membersihkan Tempat Tidur

Amalan nabi sebelum tidur yang ketiga merupakan anjuran yang sangat yangat bermanfaat. Selain dapat melaksanakan sunnah yang berpahala, juga berguna untuk menjaga kesehatan serta kebersihan diri. Untuk beberapa orang dengan tubuh sensitif seperti mudah gatal serta memiliki penyakit pernafasan tentunya sangat penting melakukan sunah ini.

Dengan membersihkan tempat tidur terlebih dahulu tentunya dapat membuat tubuh lebih mudah dan nyaman saat beristirahat. Membersihkan tempat tidur tersebut dapat dilakukan dengan mengibaskan kain pada tempat pembaringan. Hal itu bertujuan untuk menghilangkan segala sesuatu yang berada diatasnya, seperti debu.

4. Membaca Doa Sebelum Tidur Dan Ayat Kursi

Setelah membersihkan tempat tidur, maka kegiatan selanjutnya adalah membaca doa sebelum tidur. Pembacaan doa juga ada baiknya ditambah dengan membaca ayat kursi. Dengan bacaan ini, seseorang dapat tidur dengan nyaman dan aman. Serta dapat terlindungi dari gangguan setan hingga pagi hari. Untuk bacaan doa sebelum tidurnya sendiri, dapat mengikuti doa anjuran Nabi dalam Hadis (HR. Bukhari)

5. Tidur Menyamping Menghadap Kanan

Dalam hadistnya Nabi memberikan anjuran posisi yang baik untuk  tidur, yaitu tidur menghadap kanan atau diatas rusuk kanan. Dengan tidur posisi seperti ini, maka sistem penafasan pada tubuh akan lancar dan akan membantu proses detoks di dalam tubuh. Hal itupun juga dibenarkan oleh pakar kesehatan.

Lalu hendaknya meletakkan tangan kanan di bawah pipi kanan. Untuk posisi yang harus dihindari saat tidur sendiri adalah posisi tengkurap. Selain terdapat dalam hadis, hal ini juga terbukti tidak baik untuk kesehatan. Menurut pakar biologi dan kesehatan, hal tersebut mampu menghambat kinerja jantung juga pernafasan yang merupakan sistem vital untuk tubuh manusia.

Setelah mengenal beberapa amalan nabi sebelum tidur, mulailah berupaya untuk mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain merupakan anjuran dari Rasul dan berhadiah pahala, hal tersebut juga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Semoga apa yang tertulis diatas dapat menjadi ilmu serta amal yang berguna.

Posting Komentar untuk "5 Amalan Nabi Muhammad Sebelum Tidur"