Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Amalan Nabi Daud yang Paling Terkenal

Daud/Dawud merupakan seorang nabi dan juga raja yang dikagumi akan kecerdasannya. Kisahnya dalam Al-quran yang sering diceritakan adalah ketika Daud melawan Jalut dengan menggunakan ketapel dan berhasil membawa kemenangan dalam perang Thalut dan Jalut. Daud juga merupakan hamba Allah yang saleh dan mengajarkan banyak amalan dalam Al-quran. Tidak sedikit umat islam yang menjalankan amalan Nabi Daud karena dirasa sangat ampuh.

4 Amalan Nabi Daud yang Terkenal

Selain kesalehannya, Nabi Daud dikenal sangat cerdas dan merupakan seorang raja yang dicintai rakyatnya. Kecintaan Allah kepada Nabi Daud menjadikan kerajaan Nabi Daud penuh hikmah dan kemakmuran. Bukti lain kecintaan Allah kepada Nabi Daud adalah anugerah-anugerah yang diterima Nabi Daud di sepanjang hidupnya. Berikut adalah amalan yang dilakukan nabi daud dapat dijadikan referensi:

1. Doa dengan Suara yang Merdu

Nabi Daud mendapat banyak anugerah dari Allah, salah satunya adalah anugerah suara yang merdu. Terdapat suatu cerita dalam Al-quran dimana Nabi Daud sedang mengumandangkan pujian agung untuk Allah. Seluruh makhluk hidup di sekitar Nabi Daud saat itu sangat kagum dengan suaranya, dan dengan izin Allah, semua gunung-gunung bersujud kepada Nabi Daud dan seluruh burung-burng hinggap dan ikut mendengar kan kumandang Nabi Daud.

Jadi karena anugerah suara yang merdu itulah kitab Zabur yang diturunkan Allah melalui Nabi Daud dibaca dengan nada yang indah, hampir seperti dinyanyikan. Suara Nabi Daud yang sangat merdu itu menjadikan banyak umat muslim yang juga ingin memilikinya untuk memuji Allah. Karena itulah umat muslim menjalankan Amalan Nabi Daud untuk memohon suara yang merdu.

Amalan ini dijalankan dengan membacakan doa yang telah Nabi Daud ajarkan. Umat islam yang mengamalkan amalan ini berharap agar mampu menyenangkan hati Allah dengan pujian yang dikumandangkan.

2. Doa Meminta Jodoh

Setiap umat manusia pasti ingin bertemu dengan jodoh yang sudah disiapkan oleh Allah. Doa amalan yang diajarkan Nabi Daud untuk meminta jodoh kepada Allah ini banyak dijalankan oleh umat muslim. Banyak umat islam yang bersaksi bahwa doa ini sangat mustajab dan sungguh terasa hasilnya dalam kehidupan.

Doa amalan Nabi Daud untuk meminta jodoh ini dapat  dibaca setiap selesai sholat wajib dan sholat hajat. Doa amalan untuk doa ini dapat ditemukan di dalam HR. Tirmidzi 3412.

3. Puasa/Shiam Ad-Dahr

Nabi Daud juga mengajarkan umat Islam perihal berpuasa. Puasa yang diajarkan Nabi Daud ini disebut dengan Shiam Ad-Dahr. Puasa yang dilakukan setiap hari dengan waktu yang berselang-seling ini disukai dan diizinkan Allah. Dengan puasa ini, Nabi Daud mengajarkan bagaimana cara mensyukuri setiap berkah yang diberi oleh Allah.

Meski puasa ini diizinkan Allah, namun dikatakan bahwa haram apabila puasa ini dijalankan setiap hari termasuk saat Idul Fitri, Idul Adha, dan 3 Hari Tasyriq. Saat ini umat muslim menjadikan puasa ini sebagai puasa sunnah yang dilaksanakan setiap tahun. Sebelum menjalankan puasa ini, biasanya umat islam membaca doa untuk meneguhkan niat berpuasa.

Amalan berpuasa Nabi Daud ini memiliki syarat bahwa siapapun yang menjalankan puasa ini tidak diperbolehkan melupakan kewajiban kehidupannya, dengan kata lain siapapun yang menjalankan puasa ini tetap harus menjalani kehidupannya seperti biasa.

4. Amalan Memohon Cinta Allah SWT

Amalan Nabi Dawud selanjutnya adalah amalan untuk selalu memohon cinta Allah. Nabi Daud merupakan umat yang jauh lebih mencintai Allah di bandingkan keluarganya sendiri dan memberi amalan pada umat muslim untuk selalu memohon cinta Allah dan tidak meninggal kan Allah dalam situasi apapun.

Sama seperti doa meminta jodoh, doa amalan memohon cinta Allah berada dalam HR. Tirmidzi 3412. Meski doa yang dibaca sama, namun niatan yang berbeda dalam membacakan doa amalan ini juga akan menghasilkan berkah yang berbeda pula dalam kehidupan.

Dari amalan-amalan yang Nabi Daud ajarkan, diharapkan seluruh umat muslim dapat menjadi peribadi yang saleh dan mencintai Allah. 4 amalan Nabi Daud yang sudah dibahas di atas hanyalah sebagian kecil amalan yang Nabi Daud ajarkan. Karena itu baik adanya apabila mempelajari amalan-amalan lain yang Nabi Daud ajarkan yang tertulis dalam Al-quran.

Posting Komentar untuk "4 Amalan Nabi Daud yang Paling Terkenal"