Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Agama Islam dalam Pendidikan

Pentingnya Agama Islam dalam Pendidikan-Agama mempunyai peranan penting dalam kehidupan. Fungsi agama mempunyai tujuan terciptanya sosial yang baik. Masih sering pendidikan agama Islam dianggap sepele karena manusia selalu beranggapan pendidikan umum jauh lebih penting ketimbang pendidikan soal agama. Hal ini terjadi karena kurangnya pengetahuan tentang pemahaman agama yang didapat. Akibatnya perdebatan dan konflik sering terjadi di tengah - tengah masyarakat.
Perdebatan yang dipersoalkan justru berawal dari masalah sepele. Hingga akhirnya menjadi masalah yang sangat serius. Misalnya penetapan bulan 1 syawal yang sering mengalami perbedaan dalam penetapannya, akibatnya berdampak terhadap perbedaan pendapat hingga timbul masalah konflik.

Berbagai masalah kejahatan dianggap hal yang sudah biasa. Akibatnya moral manusia menjadi semakin hancur dan seperti masyarakat yang tak beragama. Tetapi agama Islam hadir bertujuan untuk mengatur tatanan dan mengatur kehidupan masyarakat. Pemahaman soal agama terbentuk dimulai dari keluarga. Keluarga sebagai tempat pertama tumbuhnya rasa kasih sayang dan rasa hormat untuk menyiapkan generasi penerus yang baik.

Agama Islam mempunyai kesucian tumbuh diantara toleransi umat beragama lain. Tapi kenapa di zaman yang berteknologi ini masyarakat semakin menjadikan Islam sebagai pemicu adanya konflik?? Apakah ada kesalahan dalam penyampaian ajarannya ?? lalu seberapa pentingnya pemahaman agama islam ini ??

Peranan Penting Agama Islam di Zaman Sekarang Ini
Tentulah sulit membentuk karakter serta kepribadian yang baik saat ini. Banyak godaan akan pemahaman situasi tertentu yang bisa memicu seseorang berbuat yang tidak baik. Diperlukan kerja keras serta niat yang kuat untuk merubah diri kita menjadi manusia yang berlandaskan nilai agama.

Dalam membangun manusia yang berakhlak baik tentunya diperlukan adanya suatu perubahan terhadap pendidikan keagamaan. Memang suatu pendidikan bertujuan untuk memajukan bangsa dan mencerdaskan anak didiknya. Tapi, tidak akan berguna kecerdasan orang tersebut tanpa disertai moral yang baik.

Fungsi pendidikan terbagi menjadi dua bagian :
Pertama, mampu menyiapkan generasi penerus menjadi masyarakat yang tidak sekedar memahami tetapi juga mampu mengamalkan nilai menjadi ahli agama.

Kedua, membentuk generasi penerus yang memiliki wawasan sehingga menjadi pribadi yang kritis, dinamis, inovatif serta berwawasan luas. Itu semua dilakukan agar terbentuk manusia yang berkualitas dan berakhlak mulia.

Menerapkan pendidikan agama Islam di Indonesia tidaklah mudah, perlun penyampaian secara tepat dan penuh kesabaran. Islam sendiri terlahir secara damai tanpa adanya unsur paksaan untuk menganutnya. Perlu adanya keterbukaan untuk menyampaikan suatu agama. Hal ini bertujuan untuk menghindari fitnah dari anggota masyarakat.

Ajaran agama disampaikan secara mendalam dalam rangka menjaga kokohnya  kepercayaan keagamaan. Dalam hal ini harus berdasarkan bukti yang pasti, baik dari dalil aqli, dalil naqli, maupun dalil wijdani. Kemudian akan disampaikan juga bagaimana cara hidup berdampingan serta toleransi antar beragama. Sehingga terhindar dari pemicu konflik sosial. Berbagai macam usaha sudah diupayakan secara baik dan ideal. Namun, hasilnya sering gagal. Untuk itu perlu adanya pihak yang bekerja sama antar masyarakat agar pendidikan keagamaan berjalan dengan baik dan lancar. Karena, suatu negara tidak akan maju jika hanya mengandalkan kecerdasan saja, melainkan juga diperlukan akhlak serta budi pekerti yang baik. Untuk itu marilah kita bergotong royong saling bahu membahu menerapkan kehidupan berbangsa dan beragama dengan baik. Marilah kita menjadikan negara maju yang disertai oleh budi pekerti serta berakhlak mulia. Karena kemajuan suatu negara tidak akan berjalan baik tanpa rakyat yang berakhlakul karimah.

Posting Komentar untuk "Pentingnya Agama Islam dalam Pendidikan"