Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Rukun Islam dan Penjelasannya

Rukun Islam Ada 5_Rukun Islam ada lima perkara yaitu (1) Membaca Syahadat, (2) Mendirikan Shalat, (3) Memberikan Zakat, (4) Puasa Ramadan, dan (5) Haji ke Baitulloh bagi yang Mampu Perjalanannya
5 Rukun Islam dan Penjelasannya
Lima (5) Rukun Islam dan Penjelasannya

1. Membaca Syahadat
Rukun Islam yang pertama adalah Syahadat. Orang dikatakan Islam jika sudah mengucapkan kalimah syahadat. Kalimah syahadat ada 2 macam yakni syahadat tauhid (kesaksian) dan syahadat rasul. Dua syahadat tersebut masyhur disebut dengan syahadatain ( 2 kalimat syahadat).

a. Syahadat Tauhid
Syahadat tauhid menyatakan tentang keesaan Allah

Adapun lafadz syahadat tauhid yaitu "ASYHADU ANLAAA ILAAHA ILLALLOOH" yang terjemahnya "SAYA BERSAKSI BAHWA SESUNGGUHNYA TIDAK ADA TUHAN SELAIN ALLAH"

b. Syahadat Rosul
Syahadat Rosul menyatakan tentang diutusnya Nabi Muhammad sebagai utusannya Allah

Adapun lafadz syahadat rasul yaitu "WA ASYHADU ANNA MUHAMMADARROSUULULLOOH"  yang terjemahnya "DAN SAYA BERSAKSI BAHWA SESUNGGUHNYA NABI MUHAMMAD ADALAH UTUSANNYA ALLAH"

2. Mendirikan Shalat
Rukun Islam yang kedua adalah Shalat, maksudnya adalah mendirikan/mengerjakan Shalat fardhu/wajib yang telah ditentukan waktunya dan/atau yang disebut dengan Shalat 5 waktu, yakni Shalat Subuh, Dzuhur, 'Asar, Maghrib, dan Shalat Isya'.

3. Memberi Zakat
Rukun Islam yang ketiga adalah zakat, maksudnya adalah membayarkan/memberikan zakat kepada Orang Islam yang berhak menerima zakat (mustahiq zakat). Adapun orang Islam yang berhak menerima zakat terdiri dari 8 golongan atau delapan asnaf, sebagai berikut:

(1). Fakir
Fakir adalah orang yang tidak memiliki harta benda maupun pekerjaan yang dapat mencukupi kebutuhannya

(2). Miskin
Miskin adalah orang yang memilik harta benda maupun pekerjaan, tetapi dia tidak dapat mencukupi kebutuhannya

(3). Amil
Amil adalah orang yang menjadi panitia pengumpul zakat maupun yang bertugas membagi zakat

(4). Mualaf
Mualaf adalah orang yang baru masuk Agama Islam, namun masih lemah keimanannya. Mualaf diberi zakat dengan tujuan agar cepat kuat imannya.

(5). Riqab
Riqab adalah budak sahaya (belum merdeka) yang sedang menjalani perjanjian dengan tuannya untuk mebayar sejumlah uang agar dapat menjadi merdeka

(6). Gharim
Gharim adalah orang yang terbelit banyak hutang demi kemaslahatan umat/kepentingan umum, walaupun orang tersebut kaya.

(7). Mujahid fi Sabilillaah
Mujahid fi Sabilillaah adalah orang yang berperang membela Agama Islam tanpa mengharap imbalan, kecuali mencari ridho dari Allah

(8). Ibnu Sabil
Ibnu Sabil adalah orang yang dalam perjalanan/bepergian jauh untuk kepentingan Agama, dan melewati daerah di mana zakat sedang dibagi, sementara dia membutuhkan bekal menuju tujuan.

4. Puasa Ramadan
Rukun Islam yang keempat adalah puasa ramadan, maksudnya adalah menjalankan puasa di bulan Ramadan selama sebulan penuh dengan ketentuan-ketentuan hukum yang sudah diatur oleh ilmu fiqih.

5. Haji ke Baitulloh bagi yang Mampu Perjalanannya
Rukun Islam yang kelima adalah haji, maksudnya menjalankan ibadah haji ke baitullah bagi orang Islam yang sudah mampu, seperti mampu dalam urusan bekal perjalanan pulang-pergi, bekal yang untuk tinggalan di rumah, bekal/terjamin aman dalam perjalanannya, dan tidak sakit.

Demikian penjelasan tentang 5 Rukun Islam. Semoga bermanfaatdan barokah.

Posting Komentar untuk "5 Rukun Islam dan Penjelasannya"